Peringati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, MAN Barito Selatan Plus Keterampilan adakan Lomba Bertahan Hidup

17/08/2021 0 comments admin

Buntok (Humas) – Walau memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-76, pemerintah kembali memperpanjang kebijakan PPKM level 1-4 di beberapa wilayah di Indonesia. Kebijakan yang diperpanjang sampai 23 Agustus 2021 itu dilakukan mengingat masih tingginya kasus harian COVID-19 di Indonesia. Continue reading “Peringati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, MAN Barito Selatan Plus Keterampilan adakan Lomba Bertahan Hidup”

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Barito Selatan Plus Keterampilan Laksanakan Upacara Bendera Memperingati Hut RI Ke-76

17/08/2021 0 comments admin

Buntok (humas) Sekali merdeka tetap merdeka, selama hayat masih di kandung badan, kita tetap setia tetap sedia, mempertahankan Indonesia, kita tetap setia tetap sedia, membela negara kita. Hari Kemerdekaan Republik Indonesia diperingati setiap tanggal 17 Agustus. Kali ini Madrasah Aliyah Negeri Barito Selatan Plus Keterampilan (MAN Barsel PK) ikut merayakan Kemerdekaan Republik Indonesia ke -76. Upacara Bendera peringatan kemerdekaan Indonesia dilaksanakan di Lapangan MAN Barsel PK (17/8/21). Continue reading “Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Barito Selatan Plus Keterampilan Laksanakan Upacara Bendera Memperingati Hut RI Ke-76”

MAN Barsel Raih Penghargaan dari KPPN sebagai peringkat 7 dari 85 satker, Kepala MAN : Be Humble

06/08/2021 0 comments admin

Buntok (Humas) Bagi umat muslim hari Jumat adalah hari yang baik atau lebih utama dibandingkan hari-hari lainnya. Tak ayal, tepat hari ini, Jumat (6/7/21) Madrasah Aliyah Negeri Barito Selatan Plus Keterampilan mendapati kabar suka cita yang sangat membanggakan kala rombongan Kantor Pelayanan Pembendaharaan Negara (KPPN) Buntok.

Maksud kedatangan rombongan KPPN Buntok bukanlah perihal audit-mengaudit laporan keuangan, melainkan memberikan penghargaan kepada MAN Barsel PK. Penghargaan tersebut diberikan sebagai satuan kerja yang meraih nilai terbaik peringkat ke-7 dari 85 Satker dalam Pencapaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) semester I Tahun Anggaran 2021 Lingkup KPPN Buntok.

Piagam Penghargaan terbaik VII Kategori Klasifikasi Pagu Besar Lingkup KPPN MAN Barsel PK meraih nilai IKPA 96,8 (Sangat Baik), IKPA adalah salah satu sistem penilaian Indikator Pencapaian Kinerja Pelaksanaan Anggaran atas penilaian kinerja satker.
Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala KPPN Buntok, Saritano kepada Kepala MAN Barsel PK, Sutarwi, S. Ag di Ruang Kepala Madrasah.

Sutarwi mengatakan bahwa penghargaan ini menjadi motivasi kepada semua pihak terutama pengelola keuangan untuk bekerja lebih baik lagi.

”Saya ucapkan selamat dan terimakasih kepada PLT Kamad sebelumnya, Tata Usaha dan Bendahara pengelola keuangan serta Tim dari Zona Integritas (ZI) dan seluruh Pendidik dan Kependidikan di MAN Barsel PK, tetap pertahankan prestasi ini, tetap menjunjung tinggi nilai transparansi, tetap semangat dalam bekerja dan be humble (pribadi yang rendah hati”.

Usai Kegiatan dalam Wawancaranya Kepala KPPN Buntok Saritano menyampaikan apresiasinya kepada MAN Barsel PK atas penghargaan Pencapaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Semester I Tahun Anggaran 2021 Lingkup KPPN Buntok. Saritano mengatakan penghargaan itu tidak luput dari kerjasama semua pihak dalam pengelolaan keuangan.

“Saya harap dengan penghargaan ini MAN Barito Selatan Plus Keterampilan melalui pengelola keuangan agar dapat mengelola anggarannya secara efektif lagi agar anggaran dapat terserap dengan baik ” harapnya. (Veitchii)

Kanwil Kemenag Kalteng dan Dinas PUPR Kalteng Sambangi MAN Barsel Plus Keterampilan

30/07/2021 0 comments admin

Buntok (Humas) – Terik matahari kian memuncak memeriak keringat di atas kepala. Suasana hening Madrasah Aliyah Negeri Barito Selatan Plus Keterampilan (MAN Barsel PK) kala itu berubah saat Tim Dinas Pekerjaan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) sambangi MAN Barsel. Kamis, (29/7/21) di halaman dan ruang kelas.

Saat melakukan survey, Tim PUPR didampingi langsung Plt. Kabid Penmad Kanwil Kemenag Kalteng, H. Hasbullah, S.Ag.,M.Pd.I dan Kakankemenag Barsel, H. Tuaini, M.Pd.I serta Kepala Madrasah (Kamad), Sutarwi, S.Ag untuk memastikan keadaan semua bangunan MAN Barsel PK untuk menentukan kepastian tentang proses rehab atau renovasi. Continue reading “Kanwil Kemenag Kalteng dan Dinas PUPR Kalteng Sambangi MAN Barsel Plus Keterampilan”

MAN Barsel Sosialisasikan Pemilihan Program Keterampilan ke Siswa Baru

30/07/2021 0 comments admin

Panitia PPDB dan Bidang kesiswaan MAN Barsel Plus Keterampilan kini adakan sosialisasi masalah jurusan keterampilan kepada siswa baru dimushola, senin (26/07).

Pembahasan terkait pelaksanaan PPDB Ketua Panitia, Hj. Dwi Irianti Mubiningtyas menyampaikan bahwa panitia telah bekerja, mulai dari rapat pembagian tugas kepanitiaan, penyusunan program kerja, sampai kepada tahap promosi itu sudah dilaksanakan dengan baik. Continue reading “MAN Barsel Sosialisasikan Pemilihan Program Keterampilan ke Siswa Baru”

MATSAMA MAN Barsel Plus Keterampilan : Lakukan Dengan Luring dan Daring

13/07/2021 0 comments admin

Madrasah Aliyah Negeri Barito Selatan Plus Keterampilan kini melakukan Masa Ta’aruf Siswa (MATSAMA) Madrasah dengan teknis luring dan daring pada, senin (12/07). Matsama merupakan serangkaian kegiatan pengenalan lingkungan madrasah kepada siswa baru. Matsama pada tahun pelajaran 2021-2022 ini masih dengan pola yang sama dengan tahun sebelumnya yakni matsama tahun pelajaran 2020/2021 dengan mode virtual  karena kondisi Kota Buntok khususnya  masih belum terbebas dari pandemi Covid-19 sehingga pola pelaksanaan matsama pun harus mengalami beberapa penyesuaian sesuai dengan standar protokol kesehatan di madrasah yang sudah ditetapkan pemerintah. Continue reading “MATSAMA MAN Barsel Plus Keterampilan : Lakukan Dengan Luring dan Daring”

MAN PK Barito Selatan Lakukan Vaksinasi Kedua Intan Sari : Bawa Betanang.. Musuh Harat..

05/07/2021 0 comments admin

Buntok, (Humas) – Setelah sebulan lamanya dari vaksinasi pertama, pada Sabtu (3/7/21) guru MAN PK Barito Selatan Kembali melakukan vaksinasi Tahap kedua bertempat di Sanggar Bakti Pramuka kabupaten Barito Selatan. Tujuan pemberian vaksin ini untuk membuat sistem kekebalan tubuh mengenali dan mampu melawan saat terkena penyakit covid-19. Vaksin berupa pemberian antigen yang berasal dari virus atau bakteri yang dilemahkan dan sudah mati. Continue reading “MAN PK Barito Selatan Lakukan Vaksinasi Kedua Intan Sari : Bawa Betanang.. Musuh Harat..”

MAN PK Barito Selatan adakan MBNC 2021

28/06/2021 0 comments admin

Masa pandemi Covid-19 mengubah tatanan kehidupan, salah satunya dunia pendidikan. Selama pandemi siswa terpaksa tidak tatap muka dengan Bapak Ibu Gurunya di dunia nyata. Namun hal tersebut tak menyurutkan semangat siswa-siswi MAN PK Barito Selatan untuk maju.

Siswa memang tidak tatap muka dengan Bapak Ibu Guru di dunia nyata, namun di kehidupan maya, saling sapa selalu ada. Selama satu setengah semester ini, semua siswa harus belajar di rumah dengan memanfaatkan internet. Perasaan bosan atau jenuh tentu tak dapat dihindari oleh siswa-siswi MAN PK Barito Selatan. Continue reading “MAN PK Barito Selatan adakan MBNC 2021”

Tukin si Bang Toyib sudah datang. Alhamdulillah, penantian sudah tiba

28/06/2021 0 comments admin

Humas (Buntok) Semringah senyum bahagia bagi pegawai MAN Barito Selatan, setelah 3x Puasa 3x Lebaran layaknya Bang Toyib, akhirnya secercah cahaya hilal Tunjangan Kinerja (tukin) guru dan dosen Kemenag rentang 2015-2018 terlihat. Usulan Kementerian Agama terkait tambahan anggaran untuk membayar tunjangan kinerja (tukin) guru dan dosen pada rentang 2015-2018, sudah disetujui Kementerian Keuangan.

Anggaran yang totalnya Rp.2 triliun lebih itu saat ini sudah berada di DIPA masing-masing Satuan Kerja. Anggaran tersebut sudah bisa dicairkan melalui KPPN setempat masing-masing.

Tak berselang setelah instruktur dari edaran yang turun dalam seminggu kebelakang, Madrasah Aliyah Negeri Plus Keterampilan Barito Selatan langsung merealisasikan seluruh anggaran tukin terutang yang sudah tersedia.

“Ya hari ini (24/6/21) akan kami cairkan atau merealisasikan seluruh anggaran tukin terutang yang sudah tersedia (100%) dengan cermat, akurat, cepat, dan tanpa dipotong,”ucap Harianto yang merupakan Kepala Urusan Tata Usaha MAN PK Barito Selatan.

Beliau juga menegaskan bahwa telah berkoordinasi dengan pihak Kanwil Kemenag Kalimantan Tengah, Kemenag Barito Selatan serta KPPN Buntok dalam merealisasikan seluruh anggaran tukin.

“Kami dari MAN PK Barsel akan telah dan terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait agar tidak terjadi kesalahan yang akan merugikan dikemudian hari. Apalagi anggaran ini sudah lama ditunggu guru dan dosen kemenag seIndonesia tidak terkecuali MAN PK Barito Selatan, dan diharapkan bisa membantu mereka di tengah pandemi Covid-19 yang kembali naik angkanya akhir-akhir ini,” sambungnya.

Terpisah, Bendahara MAN PK Barito Selatan, Fahmi Ridla menjelaskan bahwa pencairan ini dilakukan setransparan mungkin agar menghindari perspektif negatif apalagi masalah anggaran dan mengingat baru lahirnya Zona Integritas di MAN Barito Selatan.

“Alhamdulillah, Insya Allah besok atau lusa sudah “kring-kring” di rekening bapak ibu. Berapapun jumlahnya patut disyukuri. Dan pertemuan kita di aula ini membuktikan transparansinya Madrasah Aliyah Negeri Plus Keterampilan dalam hal seperti ini. Semoga bermanfaat abiak untuk meningkatkan skill, produktivitas, dan kualitas sesuai dengan kebutuhan pembangunan negara dan sesuai tantangan zaman ditengah pandemi yang tak berujung ini,” Tandasnya.

Salah seorang guru MAN PK Barito Selatan, Siti Intan Sari mengatakan turunnya dana tukin ini sudah mirip seperti lagu bang toyib yang datangnya tidak bisa diprediksi dan akhirnya datang juga Intan juga mengaku senang dengan dicairkannya selisih tukin. Mewakili guru lainnya, dia menyampaikan terima kasih kepada pemerintah.

“Begitu besar harapan kami atas terlaksananya pencairan tersebut yang sangat membantu kami para guru dalam banyak hal. Sekali terima kasih banyak Bapak Presiden, Menteri Agama dan Ibu Menteri Keuangan,” ujarnya. (Veitchii)

Menjadi Pilot Project : MAN PK Barito Selatan Satu-Satunya MA se-Kalteng Yang Mencicipi Aplikasi Raport Digital (RDM)

23/06/2021 0 comments admin

Buntok (Humas). Perjalanan cinta Madrasah dan ARD akhirnya harus kandas di penghujung tahun pelajaran 2020/2021. Seperti yang sudah diketahui bahwa di akhir semester ganjil ini, satuan pendidikan madrasah baik jenjang MI, MTs, dan MA untuk sementara tidak diperkenankan mengelola hasil nilai belajar siswa dengan menggunakan Aplikasi ARD sesuai dengan Surat Edaran terkait yang diterbitkan pada bulan November 2020 silam dan akan digantikan dengan Aplikasi terbaru RDM.

RDM atau kepanjangan Rapot Digital Madrasah adalah sebuah aplikasi berbasis WEB ber-resolusi HD yang di rancang kementerian Agama melalui Direktorat KSKK dalam mengelola nilai hasil belajar peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA). Aplikasi RDM ini memang sudah direncanakan sebagai pengganti Aplikasi Rapot Digital (ARD) yang telah di luncurkan Kementerian Agama pada tahun 2018 silam. Continue reading “Menjadi Pilot Project : MAN PK Barito Selatan Satu-Satunya MA se-Kalteng Yang Mencicipi Aplikasi Raport Digital (RDM)”